Bismillahirrahmannirrahim..

Terasa lama sudah jemari ini tidak menari-nari di atas keyboard laptop untuk menuang kisah-kisah hari. Alhamdulillaah.. segala puji bagi Allah dw telah melewati masa-masa berat setengah tahun perjalanan di negeri asing ini. Setelah kesibukan me-review pelajaran untuk exam, menyelesaikan mini project (masih dengan gaya SKS :P), hingga presentasi mini project alhamdulillaah telah terlewati. Segala puji bagi Allah, dw pun masih diberikan amanah mengemban 2 jobdesc untuk acara KIBAR kemarin di sela-sela segala padatnya persiapan dan ujian akademis tadi.

Oya, berbicara soal KIBAR, dw mau sharing 1 event silaturahim terbesar bagi keluarga muslim yg ada di UK. Yups, nama-nya KIBAR, singkatan dari Keluarga Islam Britania Raya. Dan untuk Spring 2012 kali ini, London yg ditunjuk menjadi tuan rumah. Acara diadakan pada tanggal 5-6 Mei 2012 lalu bertempat di London Central Mosque. Alhasil, sebagai pendatang baru dan kebetulan dengan rajinnya datang saat rapat pertama di KBRI, langsung ditunjuk menjadi sekretaris (maklum bakat mencatat apa yang didiskusikan belum juga hilang). Dan ternyata di pertengahan jalan, karena saking kreatif nya dan sering nya megang binaan di SMP dan SMA dengan segala ide-ide games kreatif-nya, jadilah dw ditunjuk menjadi koordinator acara anak usia 8-12 tahun, yg katanya paling susah di handle karena paling suka lari2-an dan paling banyak jumlah anaknya, alhamdulillaah .. ^_^

Oya, ga ketinggalan sang suami juga (secara kebetulan dan diluar dugaan) ditunjuk menjadi Sie. Acara di kepanitiaan KIBAR Spring Gathering 2012 ini. Alhamdulillaah.. menjadi ladang pembelajaran yang sangat luas bagi kami berdua. Kami belajar membangun network yg luas, menjalankan amanah dgn segala keterbatasan tempat, membagi waktu akademis dan kepanitiaan, terbiasa dgn syuro-syuro online, bahkan kadang qt (dw dan suami) sebelah2an, menghadap laptop masing2, dan punya rapat yang berbeda. Hehe.. seru juga.. 🙂

Di notes ini dw cuma mau memberikan gambaran kegiatannya aja, alhamdulillaah seru luar biasa, dan banyak hikmah yg bisa dibawa pulang. Yuk diintip kegiatan2nya..

Acara KIBAR Spring Gathering 2012 diisi oleh banyak pemateri yg luar biasa, utamanya adalah Dr. Muhammad Syafi’i Antonio, the icon of Islamic banking and finance in Indonesia. Lulus S1 dari Fakultas Syariah Universitas di Jordan dan mengambil program Islamic studies di Al-Azhar Kairo. Lanjut mengambil Master of Economic International Islamic University Malaysia serta PhD in Micro Finance University of Melbourne. Diamanati sebagai komite ahli Bank Indonesia dan saat ini menjadi komisaris dan dewan pengawas di bank Syariah Mega Indonesia, bank Mandiri, Takaful, Bank Eksport Indonesia, dan PNM.Tahun 2006 beliau diangkat oleh Perdana menteri Malaysia sebagai Syariah Advisory Council bank Centre Malaysia. Melalui pimpinannya di BATAZA TAZKIA, beliau membantu konversi usaha syariah di Indonesia. Beliau juga dianugerahi “Syariah Awards” & Good Coporate Governance & Anti corruption dan Australian Alumni Award 2009 dalam pengembangan kompetensi bisnis & leadership. Yuk kita lihat sosoknya..

kibar2

Materi-materi yg dibawakan oleh beliau sangat menarik dengan interaksi kepada audience yg sangat tinggi. Materi yg beliau sampaikan antara lain bertemakan:

  1. Rasulullah Super Leader Super Manager
  2. Ekonomi Islam untuk Dunia yang Lebih Baik
  3. Meneladani cinta Rasulullah dalam keluarga

kibar3

 Salah satu catatan penting dari presentasi beliau adalah “Libatkanlah Allah dalam mencapai kesuksesan kita, raihlah SUKSES BESAR dengan mengundang INTERVENSI dari ALLAH”

kibar4

Nuansa peserta KIBAR… Alhamdulillaah.. senangnya bisa silaturahim dengan saudara seagama satu nusantara ^_^

 kibar5

kibar6

Di sela-sela Bapak-bapak dan Ibu-ibu asik mendengarkan materi, tugas dw adalah menjaga anak-anak usia 8-12 tahun agar tidak “berkeliaran” dan membuat keributan. Awalnya kita merencanakan mengadakan outbound di Regent’s Park, sayangnya karena cuaca yang mendung dan gerimis, acara dialihkan ke bawah tenda. Meskipun dengan peralatan seadanya, tetap membawa nuansa keceriaan dan kehangatan persaudaraan..

 kibar7

 Ini nih, ekspresi anak2 waktu disuruh lomba memecahkan balon 😀

 kibar8

 Beginilah kalau anak2 sedang antusias..

 kibar9

Oya, sebagai catatan, baru pertama kali ke UK, langsung ditunjuk jadi koordinator dan subhanallaah-nya anak-anak Indonesia ini kebanyakan ga ngerti Bahasa Indonesia, atau tahu-nya cuma sedikit2 aja. Jadilah dw sebagai pengarah acara harus cas cis cus dgn bahasa setempat. Hehe.. Lucu2 ya mereka.. ^_^

kibar10

Kalau ini nuansa di acara anak2 usia 4-7 tahun.. dipenuhi kreativitas, coret-coret, gambar2, gunting2.. 😀

kibar11

Ga ketinggalan, di awal pembukaan acara, ada performance dari anak-anak pengajian masyarakat London. Bagus deh performance nya. 2 thumbs up!

kibar12

Yuk kita lihat petugas registrasinya..

kibar13

Subhanallaah nya disini, dw belajar banyak bgd dari orang2 hebat di sekitar. Diam2 penjaga registrasi kita ini yg pojok kanan (Mba Vivi) sekarang sedang mengambil post doctoralnya di UK, sedangkan mba tiwi, yg pojok kiri selain bendahara, beliau juga sedang menjalani studi S3 nya disini. Masya Allah.. indahnya silaturahmi.. 🙂 Yuk kita intip seksi konsumsi…

kibar14

Ini nih ibu-ibu yang rajin banged ngurusin konsumsi untuk kita. Konsumsi kali ini mengambil catering dari London Central Mosque, walhasil nasi nya nasi biryani. Hehe.. Ibu yg di pojok kanan itu, sudah 45 tahun lho tinggal di UK, bahkan bisa dibilang salah satu tetua atau “dedengkot” kalau di KBRI. Anak-anaknya lahir dan besar disini, walhasil semuanya ndak ada yang bisa Bahasa Indonesia 😀

Selain materi, ada juga presentasi lembaga charity, yuk dilihat..

kibar15

Hmm.. yuk kenalan dengan teteh kita satu ini. Panggilannya teh nizma, orangnya asik. Hehe..

Di akhir acara, panitia juga memberikan sertifikat bagi seluruh anak-anak usia 1-13 tahun ke atas sebagai bentuk apresiasi bagi mereka.. Tapi berhubung satu dan lain hal, tulisan tangan dw lah yg menjadi corat coret nama di sertifikat itu, hehe.. *unpredictable situation 😀

kibar16

 Ini dia foto panitia inti acara (walaupun ndak semua)..

kibar17

Kanan ke kiri: Rhevy (Sie. Acara), Pak Abram Perdana (ketua KIBAR periode 2011-2012, telah menyelesaikan studi S3-nya di Swedia saat ini tinggal bersama istri dan 3 orang anaknya di UK sudah selama 5 tahun sambil bekerja disini), Pak TA. Fauzi Rahman (Atase Pendidikan KBRI sekaligus Ketua Umum acara KIBAR Spring Gathering 2012), ndak tahu :D, ndak tahu :D, Pak Wandi (konselor KBRI yang membantu mengurusi perpanjangan passport dan lapor diri warga Indonesia di UK), Pak Eko (ketua pelaksana KIBAR Spring Gathering 2012).

Sesi akhir ditutup dgn foto bersama pembicara.. ^_^

kibar18

 kibar19

 kibar20

Alhamdulillaaah.. Semakin merasakan adanya banyak saudara yg menemani disini. Begitu indahnya merasakan ukhuwah dan semangat berdakwah di bumi manapun kita berdiri. Banyak belajar berendah hati dari orang-orang hebat yang kita temui. Sekian dulu sharing saya kali ini, semoga bermanfaat.. ^_^

*catatan penyemangat hati
kisah indah dalam KIBAR Spring Gathering 2012 ini..
London, 21 Mei 2012

Advertisements