Jika kalian ingin menikmati pemandangan sungai Thames dengan cara yang berbeda, mungkin kalian harus mencoba menaiki “Thames Cable Car” atau biasa juga disebut dengan “Emirates Air Line”. Thames Cable Car merupakan sebuah lift gondola yang dibangun oleh Doppelmayr dan disponsori oleh Emirates yang dibuka sejak tanggal 28 Juni 2012 di London. Cable car ini membentang sejauh 1 km di atas ketinggian 90 meter, menghubungkan Greenwich Peninsula dengan Royal Docks.

Di depan Victoria Royal Docks
Di depan Victoria Royal Docks

Thames Cable Car dioperasikan oleh Transport for Lonfon (tfl) dan dibuka setiap harinya sejak pukul 07.00 pagi hingga 21.00 malam, kecuali pada saat winter ditutup pada jam 20.00 malam. Dengan kapasitas 5,000 penumpang dalam satu jam, maka gondola akan datang setiap 30 detik, sehingga penumpang tidak perlu khawatir jika harus menunggu lama dikarenakan kapasitasnya yang besar. Untuk menyeberangi sungai Thames, diperlukan waktu sekitar 10 menit sekali jalan atau 20 menit untuk satu kali putaran kembali ke station yang sama.

Berpose dengan giant snowman di depan pintu masuk Thames Cable Car
Berpose dengan giant snowman di depan pintu masuk Thames Cable Car

Untuk dapat menikmati pengalaman menaiki cable car ini, kita hanya perlu membayar GBP 4.40 one way dan GBP 8.80 return trip (PP) untuk dewasa, dan GBP 2.30 one way dan GBP 4.60 return trip untuk anak-anak usia 5-15 tahun, sedangkan gratis bagi anak-anak dibawah usia 5 tahun. Bagi pemegang kartu Oyster Card (sebuah kartu sistem transportasi yang ada di London), maka akan mendapat potongan sebesar GBP 1.10 one way atau GBP 2.20 untuk round trip tiket.

Suasana di dalam Cable Car
Suasana di dalam Cable Car

Pada tahun 2014 ini, Emirates Air Line memeriahkan festival musim dingin di Thames Cable Car dengan mengadakan menghadirkan tema “Fly with the Snowman”. Emirates juga membagikan souvenir gratis yang terdiri dari coklat, alat tulis, teropong mini bagi 100,000 pengunjung pertama sejak tanggal 13 Desember 2014. Liburan musim dingin kali ini Thames Cable Car terlihat sangat ramai dipadati oleh pengujung yang ingin menyaksikan keindahan langit biru London yang membentang di atas langit sungai Thames, London, United Kingdom.

Souvenir dari Thames Cable dgn tema
Souvenir dari Thames Cable dgn tema “The Snowman and the Snowdog”

Silahkan cek video perjalanan kami menyebrangi sungai Thames dengan Emirates Air Lines sebagai referensi: http://youtu.be/HJS3vuZKIT0

Until the next post!
London, 18 Januari 2015 (another late post)

Advertisements