Step by Step Persiapan Study Abroad ke UK (Bag 2)

“Saya mau kuliah di LN dan saya sudah mendapat beasiswa, apa yg harus saya persiapkan untuk study di UK? Bagaimana jika saya sudah berkeluarga dan akan membawa pasangan dan anak saya?”

Jika kamu termasuk ke dalam orang-orang yang sedang berpikir sebagaimana di atas, part 2 note ini mencoba membantu menggambarkan step by step persiapan sebelum akhirnya kamu officially migrasi ke UK. UK merupakan sebuah negara maju dan memiliki persyaratan migrasi yang berbeda dgn negara2 Eropa lainnya. Berikut adalah step by step persiapannya.

1. TBC SCREENING TEST
Tes TB merupakan persyaratan wajib untuk mengajukan visa ke UK. Caranya mudah, UKBA bekerjasama dan telah menunjuk Rumah Sakit tertentu yang sertifikasi TB nya diterima oleh UK, yaitu:

1) RS Premier Jatinegara, Jl. Raya Jatinegara Timur No. 85-87, Jakarta 13310. Telp. (021) 2800-888
2) RS Premier Bintaro, Jl. MH Thamrin Blok B3 No.1, Sektor 7 Kawasan Niaga – Bintaro Jaya, Tangerang 15224, Telp. (021) 745-5500/600
3) BIMC Hospital Kuta, Jln. Bypass Ngurah Rai 100 X Kuta 80361, Bali. Telp. 02361-761263

Caranya mudah:
a) Telepon ke RS tsb, lalu buat appointment untuk TBS Screening Test dalam rangka pembuatan visa ke UK
b) Setelah mendapatkan appointment, silahkan datang dengan membawa passport, KTP, dan foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 2 buah. Bagi yang membawa anak, ditambahkan dengan membawa akte kelahiran.
c) Sesuai dengan waktu appointment, silahkan datang, mengisi berkas, kemudian rongtsen TBC bagi dewasa sedangkan bagi anak2 hanya diperiksa kesehatan oleh dokter setempat. Kurang lebih proses ini memakan waktu 1 jam per orang, pengalaman saya untuk 2 tes TB dewasa dan 1 anak, memakan waktu sekitar 2-3 jam.
d) Hasil sudah dapat diambil 2-3 hari kerja setelah tes.
e) Untuk biaya, bagi orang dewasa Rp 555.000 dan anak-anak Rp 385.000 (Silahkan cek lagi update harganya ya).

2. VISA
a) Pengajuan visa ke UK dilakukan secara online ke VFS Indonesia di website http://www.vfsglobal.co.uk/indonesia/. Silahkan membaca detail persyaratan dan jenis visa yg digunakan di web itu kemudian apply visa online di https://www.visa4uk.fco.gov.uk/
b) Bagi pelajar memilih STUDY – PBS TIER 4 STUDENT, bagi pasangan (dependent) yang ikut ke UK memilih visa STUDY – PBS TIER 4 STUDENT/TIER 4 (GENERAL) DEPENDENT PARTNER dan bagi yang membawa anak memilih visa STUDY – PBS TIER 4 STUDENT/TIER 4 (GENERAL) DEPENDENT CHILD
c) Setelah sign up (membuat akun aplikasi visa), dilanjutkan dengan mengisi form secara online yg kemudian form ini disubmit dan diprint untuk dibawa saat ke kantor VFS. Form dan guideline bagi student bisa dilihat disini disini dan bagi dependent disini.
d) Setelah mengisi formulir dan mendaftar secara online, pembayaran visa juga dilakukan secara online. Biaya untuk visa student dan dependent adalah GBP 322 atau sekitar Rp 6,200,000. Jadi jika saya apply visa untuk saya (student) membawa suami (dependent) dan 1 anak (dependent child), biaya yang diperlukan untuk aplikasi visa adalah 6,2 juta dikali 3 orang atau Rp 18,6 juta.
e) Setelah membayar online, kemudian kita membuat appointment untuk pengambilan biometrik (sidik jari, foto, dan wawancara). Untuk membuat appointment bisa dilakukan di http://www.vfsglobal.co.uk/indonesia/book_appointment.html
f) Saran saya jika mau berangkat di bulan September, sudah siap2 daftar visa dari 2 bulan sebelumnya karena bisa dipastikan jadwal appointment sudah akan penuh mendekati bulan September.
g) Selanjutnya tinggal datang untuk pengambilan biometrik di kantor VFS Global, lokasinya adalah
– VFS Global visa application centre , Kuningan City Mall, 2nd Floor
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18 – Setiabudi, Kuningan Jakarta – 12940
Indonesia No. Telp. 00180 3020 8469 atau
– VFS Global visa application centre,
Benoa Square, 3rd Floor No. 7-9.3/A
Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai No 21A
Kedonganan Kuta, Bali – 80361, Indonesia
h) Pastikan kamu membawa seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk apply visa, yaitu
– Appointment letter
– Application form online yg sudah diprint (baik student maupun dependent)
– Print out application online
– Passport (student, partner dan anak), baik lama dan baru
– Akte lahir asli dan yang sudah diterjemahkan oleh sworn translator
– Kartu keluarga asli dan yang sudah diterjemahkan oleh sworn translator
– Guarantee Letter dari Sponsor, dan/atau
– Bank statement/bukti rekening koran yang menunjukkan nominal minimal uang mengendap selama 28 hari. Jika Guarantee letter kamu tidak menanggung keluarga (family allowance), maka kamu harus menunjukkan bukti uang mengendap sejumlah GBP 615 x 9 bulan = GBP 5535 per orang untuk inner London. Sedangkan untuk iuter London GBP 460 x 9 bulan = GBP 4140 per orang. Contoh: Jika saya membawa suami dan 1 anak ke London, maka saya memiliki 2 dependent, dana yg diperlukan adalah 2 dependent x GBP 615 x 9 bulan = GBP 11.070 atau Rp 213,700,000 mengendap minimal 28 hari di dalam tabungan. Maka saran saya bagi yang membawa pasangan dan anak, agar Guarantee Letter nya menyebutkan untuk memberi family allowance sejumlah anggota keluarga yang dibawa.
– LoA (Letter of Acceptance (bagi student), menyatakan waktu mulai studi, course details.
– CAS (bagi student)
– ATAS Clearance Certificate (bagi mahasiswa S3/PhD)
– IELTS, list of English test yg di approve UKBA (update tgl 5 April 2015) dpt dilihat disini
– Bawalah seluruh dokumen asli maupun fotocopy-nya
i) Pada saat hari appointment di VFS, kita akan mengantri dan seluruh dokumen akan dicek. Setelah mendapat giliran untuk biomentrik dan foto, kita akan diminta wawancara. Biasanya bagi yang membawa keluarga hanya student ybs yg diminta untuk mengikuti wawancara.
j) Wawancara dilakukan secara online via skype. Akan ada seorang examiner yang menanyakan pertanyaan umum kenapa kita mau ke UK, kenapa memilih sekolah di UK, ambil jurusan apa, akan dengan siapa kesana, kapan selesai studi, dst. Intinya beliau hanya mereview kebenaran aplikasi visa kita untuk bersekolah di UK.
k) Waktu penyerahan dokumen adalah Senin – Jum’at pukul 07.00 – 14.00 sedangkan waktu pengambilan visa adalah Senin – Jumat pukul 07.00 – 15.00.
l) Aplikasi visa diproses selama 2 minggu hingga 1 bulan. Notifikasi jika visa kita sudah keluar juga akan dikirimkan via email.
m) Visa dapat diambil kembali di kantor VFS
n) URGENT MATTER: Berhubung kemarin saya ke Inggrisnya mendesak atau mepet, jadilah saya mengambil opsi VISA PRIORITY. Apa itu Visa Priority? Jadi visa qt dipastikan sudah dapat keluar setelah 3-5 hari kerja. Caranya adalah pada saat datang ke kantor VFS, saat pemeriksaan dokumen qt minta untuk mengambil visa priority. Biayanya adalah 2,1 juta per applicant, jadi karena kemarin saya daftar 3 visa, kena tambahan fee 6,3 juta. Konsekuensinya visa cepat jadi tapi dokumen asli belum dapat diambil, dokumen asli baru dapat diambil setelah 2 minggu.

3. AKOMODASI
Nah ketika mengisi form pengajuan visa secara manual, kita juga diminta untuk mengisi dimana alamat qt akan tinggal. Saran saya sejak jauh2 hari sebelum hari keberangkatan ke Inggris, mulai carilah tempat tinggal yang kamu sukai.

a) Bagi single
Opsi pertama untuk single adalah Dormitory Kampus. Biasanya cukup murah bagi single, dari kisaran GBP 110 per week atau GBP 550, 650, hingga 850 per month di London. Untuk luar London kisaran GBP 300-500 per month. Opsi lainnya adalah tinggal di sharing house, mulai dari GBP 400 per month di London dan GBP 350 untuk luar London. Pilihan tempat tinggal lainnya adalah flat atau studio, tapi harganya lumayan mahal jika di London, kisaran GBP 850-1200 per month.

b) Bagi couple
Jika kamu adalah student yg membawa pasangan, opsi terbaiknya adalah tinggal di sharing house dgn double bedroom. Kisaran harga di London rata2 GBP 500-600 per month, sedangkan luar London GBP 400-500 per month. Pilihan lainnya jika ingin lebih private adalah tinggal di studio atau flat dengan harga kisaran GBP 850-1200 per month.

c) Bagi triple (pasangan dengan 1 anak)
Bagi yang sudah memiliki anak, baik batita atau balita sudah mulai agak tricky. Jika masih baby, bisa menyewa satu kamar yang luas dengan 2 kasur. Peraturan di UK mengharuskan bagi couple yang memiliki anak untuk tinggal di rumah yang memang layak bagi anak. Jika ingin tinggal di sharing house, pastikan housemate nya berkenan jika memang ada anak kecil tinggal di dalam rumah. Pilihannya adalah sharing house dengan kamar yg besar atau tinggal di flat dengan 2 kamar. Kisaran harga flat 2 kamar adalah GBP 650-1200 di London. Untuk London, tempat yg paling diminati adalah Nansen Village, dengan harga GBP 800 per month. Silahkan dicek di website http://www.nansenvillage.co.uk/

d) Or moreee.. 😀 (pasangan dengan 2 atau lebih anak)
Bagi yang membawa 2 atau lebih anak, saran saya adalah menyewa flat/studio/bungalow dengan 2 kamar. Pilihan paling baik di London yg murah adalah Nansen Village (http://www.nansenvillage.co.uk/) . Tapi perlu dicatat bahwa waiting list Nansen Village sangat panjang, jadi jika berminat baiknya dibooking semenjak 1 tahun sebelumnya. Opsi lainnya jika memang tidak ada adalah, menyewa 2 kamar di sharing house atau tinggal di flat dengan 2 kamar. Kisaran harga dengan cara demikian di London adalah GBP 650-900.

Cara paling mudah adalah menghubungi teman yang sedang tinggal di UK untuk bantu mencari tahu akomodasi yang tersedia, atau membantu viewing. Selain itu, silahkan bergabung dengan FB PPI UK/London untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Kalau akhirnya belum menemukan tempat tinggal juga padahal sudah harus berangkat, saya menyarankan untuk tinggal sementara di Wisma Siswa Merdeka atau Wisma Indonesia, bisa dicek disini http://www.indonesianembassy.org.uk/education/education_wisma.html

4. WE NEED MONEY CHANGER
Sebelum akhirnya berangkat, pastikan kamu sudah menukarkan cukup uang ke dalam GBP (Great Britain Poundsterling), minimal untuk biaya hidup selama 1 bulan. Saran saya untuk mendapatkan kurs yang lebih bagus, lebih baik menukarkan uang ke money changer daripada ke bank 😀

Sebenarnya notes ini masih mau dilanjut untuk membahas sistem transportasi, daftar GP dan membuka rekening bank lokal di UK, tapi karena sudah kepanjangan baiknya saya pending hingga ke Bagian 3 untuk membahas hal apa saja yang harus dilakukan setibanya di UK. Semoga bermanfaat and welcome to UK ^_^

Update:
1) Per 6 April 2015 ini, persyaratan visa student UK ditambahkan dengan biaya Healthcare Charges sebesar GBP 150 per tahun.
2) Ada ketentuan baru untuk BRP (Biometric Residence Permit) dimana mahasiswa dan dependent nya akan diminta untuk datang ke branch post office tertentu untuk pengambilan sidik jari dan foto. Batas waktu BPR ini adalah 10 hari selambat-lambatnya sejak tanggal pertama qt sampai di UK. Keterangan lebih lanjut dapat dibaca disini.

Disclaimer:

Step by step persiapan keberangkatan ini berdasarkan pengalaman tahun 2011, 2013, November 2014 dan update per April 2015. Peraturan dan ketetapan UKBA bisa saja berubah sewaktu-waktu terkait prosedur dan biaya keberangkatan. Untuk update nya bisa dicek pd link2 yg sudah diberikan.

Until the next post!
London, 18 March 2015
Farr Institute, 222 Euston Road

Advertisements