Sequel tulisan ini akan membahas mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukan setibanya di UK, utamanya bagi student yang akan memulai studi S2 atau S3 nya.

1. Pahami sistem transportasi setempat
Secara general, cara berpergian di UK dapat dicek di website http://www.traveline.info/ (mencakup bus, train, coach, ferry dan underground). Bagi yang tinggal di outer London, masing2 kota memiliki sistem transportasinya sendiri, silahkan cek website kampus dimana info itu biasanya didapatkan. Khusus bagi London (karena saya tinggal disini), akan saya paparkan lebih detail mode of transportation nya.

Untuk merencanakan kita akan pergi dari satu titik ke titik yg lain, paling mudah menggunakan website http://www.tfl.gov.uk di London. Website itu akan dengan detail memberikan arahan kemana kita harus berjalan, menuju halte/stasiun mana, naik apa, berapa lama perkiraan waktu yang dibutuhkan, dan pilihan transport nya. London terbagi menjadi zona 1-6, semakin ke central semakin mahal pula harga akomodasinya, dan univ-univ ternama lokasinya di central semua 😀 Untuk memahami peta transportasi London dapat di download disini. Berikut adalah beberapa mode of transportation di London.

a) Tube underground
Apa itu tube? Salah satu public transportation yang ramai digunakan di London adalah tube ini, sejenis kereta underground berkecepatan tinggi dan khusus beroperasi di kota London. Karena bernama underground, sudah pasti rutenya di bawah tanah. Ini dia penampakan luarnya.

tube luar
Penampakan luar tube underground

Disini waktu tunggu tube hanya berkisar 1-5 menit. Jadi ga ada kisahnya capek berdiri atau kepanasan untuk menunggu kereta datang. Ga ada ceritanya pula harus berjubel-jubelan di dalam. Kalau memang sedang peak-hour, jika orang-orang Inggris melihat kereta penuh, maka mereka akan prefer untuk menunggu kereta selanjutnya datang. Berikut penampilan di dalamnya.

tube dalam
Inside the tube

b) Train Overground
Train overground adalah kereta atas tanah, layaknya KRL di Indonesia, tapi soal kenyamanan (kebetulan) masih jauh berbeda. Train ini menghubungkan dalam dan luar kota London. Jadi kalau kita ingin berpergian ke luar kota dari London menuju Birmingham, Oxford, Cambridge, Newcastle, dan luar kota lainnya, kita bisa menggunakan train overground. Cara paling mudah untuk mengecek jadwal kereta dan membandingkan harga adalah melalui website http://www.thetrainline.com. Ini contoh penampakan train overground nya.

train
Train overground in London

c) Buses
Bus yang banyak beroperasi di London adalah double decker (salah satu trademark UK). Bus 2 tingkat ini mampu memiliki kapasitas ± 55 kursi dan 40 orang lebih untuk berdiri. Supir bus berada dalam sebuah “ruang kecil” tertutup rapat oleh kaca dan ber-AC, dengan tempat duduk yang nyaman disertai monitor CCTV. Ketika hendak turun kita tinggal menekan tombol STOP ketika bus yang kita naiki mendekati shelter yang dituju. Dan yang pasti, naik turun penumpang hanya dilakukan di shelter-shelter tujuan, penting bagi kita mengecek di shelter mana bus yang kita tuju akan berhenti (bisa dilihat dari tfl.gov.ok).

bus
Bus double decker operated in London

d) Dockland Light Railway (DLR)
DLR adalah kereta otomatis yang tidak memiliki masinis atau supir. Kereta ini secara otomatis dan terjadwal berangkat menghubungkan station-station tertentu. Kereta ini berjalan layaknya trem atau metro di negara lain. Dibuka sejak tahun 1987, jalur DLR mencapai Stratford (utara London), Lewisham (selatan London), Tower Gateway (barat London), Bank dan City of London, serta Beckton, London City Airport dan Woolwich Arsenal di bagian timur London.

dlr
DLR train in the station

e) Oyster Card
Uniknya di London, seluruh sistem transportasinya terpusat, sehingga saat ini sudah tidak diperbolehkan lagi untuk membayar cash di dalam bus, semua terpusat dgn sistem OYSTER CARD. Saat pertama kali tiba di bandara London, segera pergi ke “London Travel Information Centres” yg jg berlokasi di London Heathrow dan Gatwick Airport untuk mendapatkan standard Oyster Card. Setelah mendapatkan Oyster Card jangan lupa men-top up sebagai bekal/ongkos perjalanan ke depan (saran penulis sebesar £10). Maximum charge oyster dalam satu hari saat kita berpergian di zona 1-4 adalah £8 sedangkan jika zona 1-6 adalah £8.8. Oyster card ini akan kita butuhkan saat keluar masuk station dan bus dengan cara men-tap sensor oyster card di gerbang masuk station atau pintu masuk bus (lihat gambar).

oyster card
Touch in and touch out your oyster card

f) 18+ Student Oyster Photocard
Segera setelah sampai di UK, segeralah mendaftar 18+ Student Oyster Photocard, dimana jika kita student berusia 18 tahun ke atas akan mendapatkan discount sebesar ±30% saat menggunakan oyster card. Caranya mudah:

1) Buka website ini
2) Buat akun dan isi form aplikasi
3) Pembayaran dilakukan menggunakan debit/credit card (saran saya minta tolong kpd teman yg sudah memiliki akun bank di London untuk membantu pembayaran sebesar £10)
4) Submit aplikasi dan menunggu verifikasi dari kampus
5) Setelah terverifikasi maka oyster akan dikirim ke alamat rumah kita
6) Proses ini memakan waktu kurang lebih 1-2 minggu
7) Selama proses pembuatan 18+ oyster card, kita menggunakan standard oyster card yg kita miliki terlebih dahulu

Setelah mendapatkan 18+ student oyster card, saran saya adalah membeli oyster card bulanan sesuai jarak antara zona tempat kita tinggal dengan kampus. Sebagai contoh, saat ini saya tinggal di Tottenham (zona 3 London), maka saya akan membeli monthly travel card seharga £101 per bulan (zona 1-3 dengan discount dari harga £144.8 jika tidak menggunakan oyster 18+). Tabel harga 18+ student oyster card bisa dicek disini.

2. Confirm student enrolment
Jangan lupa setelah kita memasuki tanggal memulai perkuliahan sebagaimana tertera pada CAS dan LoA kita, kita harus datang ke student center kampus dan menyatakan bahwa kita sudah officially enrolled. Biasanya pihak kampus akan meng-update status kemahasiswaan kita menjadi “enrolled” dan kita juga mendapat print atau surat bukti bahwa kita telah resmi memulai studi. Proses selanjutnya adalah membuat kartu mahasiswa dimana kita biasanya akan diarahkan menuju ruangan tertentu untuk pengambilan foto lalu dalam waktu 10-15 menit, kartu mahasiswa kita sudah jadi, yg dapat memberikan akses ke gedung2 dalam lingkungan universitas.

3. Membuka rekening bank lokal
Surat official enrolment tadi akan berguna saat kita ingin membuka rekening bank di UK. Bank yang biasanya digunakan adalah Llyods, Barclays, Natwest, dan Santander. Perbandingan antar bank bisa dilihat di table ini. Penulis sendiri menggunakan Llyods dan tidak pernah bermasalah dengan pengiriman dan penerimaan uang beasiswa. Dokumen yang diperlukan untuk membuka rekening bank adalah: passport dan valid visa, proof of address yang bisa didapatkan dari surat official enrolment, dan student ID Card (khusus jika membuka di Santander). Cara mendaftar:

1) cari lokasi branch dari bank yang kita pilih
2) bisa membuat appointment terlebih dahulu via telp
3) datang dgn membawa dokumen2 yg diperlukan
4) mengisi form online bersama CS
5) pada hari itu juga detail akun bank lokal di London sudah bisa didapatkan

4. Mendaftar GP (NHS)
Hal yang tidak kalah pentingnya adalah mendaftar GP (General Practitioner) di UK. Sistem kesehatan di UK mewajibkan semua warga nya untuk terdaftar di lokal GP mereka (semacam dokter klinik), biasanya lokasinya yang dekat dengan rumah tempat tinggal kita. Step-step nya adalah:

a) Untuk mengetahui GP mana saja yang dekat dgn tempat tinggal qt bisa dicek di http://www.nhs.uk/Service-Search/GP/LocationSearch/4. Di web itu kita bisa menilai GP mana yang kira2 baik pelayanannya, detail GP, jumlah dokter, jam pelayanan, services provided, dsb.
b) Segera setelah kita menentukan GP yang kita sukai, datanglah di jam pelayanan sesuai informasi yang ada pada website
c) Dokumen yang diperlukan:
• Passport dan valid visa
• Proof of address (dapat menggunakan surat keterangan dari kampus atau bill listrik rumah)
d) Saat tiba di GP, biasanya kita diminta untuk mengisi form ini.
e) Sertakan form, passport dan proof of address untuk kemudian dicek oleh petugas administrasi setempat
f) Setelah semua oke, biasanya kita akan dibuatkan jadwal untuk bertemu dokter/nurse untuk mengecek data kesehatan update kita serta mengkonfirmasi beberapa hal detail mengenai kesehatan
g) Silahkan datang kembali ke GP sesuai tanggal dan jam appointment yang telah dibuat
h) Nurse akan memeriksa tinggi badan, berat badan, mengecek riwayat penyakit dsb
i) Setelah semua proses selesai, butuh waktu kurang lebih 1 minggu agar kita teregistrasi di lokal GP yg kita pilih. Artinya kita sudah bisa datang berobat atau konsultasi jika ada masalah kesehatan yang kita miliki
j) Terakhir, butuh waktu sekitar 2-3 minggu hingga kartu NHS kita dikirim via pos ke rumah

Demikian detail things to do yg harus dilakukan setelah sampai di UK. Semoga bermanfaat ^_^

Farr Institiute,
Right after the Easter break 2015
8 April 2015, pukul 14.53

Advertisements