Jika 2011 lalu saya menjalani hari di London bersama suami, tahun 2014 ini ada tiga pasang kaki yang menjejakkan langkah ke kota megah ini. Saat tiba di London, saya masih merasakan ritme cepat yang sama, ketertiban umum yang sama, toleran yang sama, dan segarnya udara yang sama. Yang berbeda adalah saat tangan saya menggenggam lengan kecil yang begitu aktif berjalan kesana kemari, tak lelah mengamati serta belajar dari sekeliling tiada henti. Yups, saya membawa sang buah hati, Najwa, yang saat ini berusia 2 tahun untuk menemani studi PhD saya di University College London. Tentu saja persiapan dan tantangan kali ini berbeda dengan kaum single atau couple, karena ada variable lain yang tidak kalah penting yang harus dimasukkan ke dalam list things to do harian kita. Beberapa catatan penting saat membawa anak ke UK adalah:

  • Adaptasi anak dengan lingkungan UK

Saat kita membawa anak dari negara tropis seperti Indonesia, tentu saja akan ada tantangan penyesuaian suhu dari panas ke dingin, terutama yang datang saat autumn (September) dan winter (Desember). Amazingnya adalah, ternyata diluar kekhawatiran saya, anak akan dengan sangat cepat beradaptasi dgn lingkungannya. Kasus anak saya, dulu saat pertama kali datang ke London, minimal saya pasti terkena flu atau hidung meler, ajaibnya Najwa sama sekali tidak merasakan demikian. Bahkan tidur pun ia tidak mau menggunakan selimut πŸ˜€

Β winter girlSource: http://www.popsugar.com

Β Tips: Intinya, as a parent, sesampainya di London, langsunglah meluncur menuju tempat pakaian anak2, siapkan pakaian winter terutama jaket, topi, sepatu dan mitten (kalau perlu winter pajamas). Perlengkapan ini akan sangat membantu saat suhu drop hingga minus sekian derajat celcius. Kalau bisa sebelum berangkat ke UK, persiapkan amunisi seperti minyak telon/kayu putih, obat flu dan batuk anak. Perlu diingat bahwa biasanya kalau di UK, saat anak mengalami flu dan batuk lalu kita datang ke dokter (GP) hanya akan diminta untuk istirahat di rumah dan banyak minum air putih. Bila ada demam, baru boleh diberikan paracetamol. Jadi penting banget untuk membawa keperluan obat2an yang biasa anak kita gunakan.

  • Pahami sistem pendidikan anak di UK

Hitung dengan cermat usia anak saat tiba di UK. Bagi yang sudah bersekolah di Indonesia, juga harus disiapkan transferring school documents nya di sekolah UK. Sistem pendidikan di UK sudah terbuka bagi anak usia 3 tahun untuk mengikuti nursery, dilanjutkan dengan reception pada usia 4-5 tahun. Pendidikan full time student mulai berlaku sejak anak berusia 5 tahun, mengikuti program year 1 and year 2 yang dikenal dgn tahapan infant school. Key stage selanjutnya adalah year 3 up to 6 yang dikenal dengan primary or junior school. Secondary school dimulai sejak year 7 up to 11 saat anak berusia 11 s.d 16/18 tahun. Biaya pendidikan di UK s.d secondary school adalah gratis.

Β nursery

Source: http://www.thorntoncollege.com

Tips: Jika kita sudah mengetahui lokasi tempat tinggal kita menetap, maka langsung cari sekolah terdekat dari rumah. Biasanya pendaftaran sekolah di government school selalu penuh, sehingga disarankan untuk booking your place as early as possible. Ketentuan dan persyaratan yang dibutuhkan akan bergantung di sekolah masing-masing.

  • Catch up program kesehatan

Jangan lupa untuk membawa rekam jejak kesehatan anak kita selama di Indonesia, kalau di UK biasa menggunakan istilah β€œred book”. Segera setelah mendaftar ke GP, periksa kembali catatan imunisasi yang sudah kita berikan selama di Indonesia. Local nurse/doctor di GP akan memberi arahan jika memang ada program vaksinasi UK yang terlewatkan dan dapat di catch up. Perlu dicatat bahwa skema imunisasi UK dan Indonesia berbeda, pun cakupan penyakit yang ditanggung biayanya.

red book

Source: https://www.etsy.com

  • Barang apa saja yang perlu dibawa?

Nah nah… udah pasti bgd dengan ketentuan bagasi per orang untuk flight ke UK maximal adalah 30kg, kita tidak bisa membawa semua perlengkapan yang kalo dikumpulin banyak banget. Saran dari saya adalah:

  1. Bawa pakaian anak secukupnya, siapkan banyak pakaian sehari-hari dan beberapa untuk berpergian
  2. Minimal beli 1 buah jaket hangat untuk persiapan saat tiba di UK, apalagi yang datang di bulan September atau Desember, suhu rata-rata pada belasan derajat celcius
  3. Cukup membawa 1 sikat gigi, 1 pasta gigi, 1 sabun cair mandi, 1 shampoo untuk keperluan mandi anak. Nanti kalau sudah habis bisa beli di UK (ga usah nge-stok banyak2)
  4. Bawa obat-obatan penting untuk penyakit yang biasa diderita anak. Kalau saya membawa: obat flu sirup (3), obat batuk sirup (2), paracetamol (1), obat diare (lacto B sachet 5), dan baby cream untuk nappy rash (1). Paracetamol dan cream rash gampang koq didapatkan di UK. Selain itu saya juga selalu sediakan thermometer kalau2 dibutuhkan untuk mengukur suhu anak yang demam.
  5. Saya bawa minyak kayu putih banyak (5) karena di UK agak beda dan karena kulit saya sensitif, ga bisa sembarangan pake minyak, pun untuk anak saya, hehe.
  6. Selain itu saya juga bawa beberapa baby cologne karena harganya mahal euy di UK, bisa 5x lipat harga di Indo πŸ˜€ Ga ketinggalan bedak tabur ukuran kecil, sesampainya di UK bisa langsung beli yang ukuran besar
  7. Jangan lupa membawa sendok makan anak, kalau masih muat boleh membawa tempat makan dan minum favoritnya
  8. Untuk pampers, saya membawa 1 pak isi 20 buah. Nanti di UK bisa membeli lagi tapi jangan heran kalau harganya mahal bgd utk merk yg sama. Akhirnya, kalau di Indo saya menggunakan merk P*mpe*s, kalau di UK saya membeli Tesco Love Baby. Reviewnya lumayan bagus dgn harga yang sedang namun kualitas oke, so far sangat nyaman digunakan oleh anak saya.
  9. Mainan anak gimana? Jelas untuk mainan ukuran besar yang memakan tempat pasti repot bawanya, kemarin saya hanya membawa 1 boneka favorit anak saya untuk temannya bermain. Sampai di London, saya langsung membeli mainan lokal, hehe.. pun boneka2 hello kitty kesukaan anak saya. Tips beli mainan di UK: Kalau ga sanggup beli yang baru, saya suka ikutan bidding membeli satu bundle mainan di ebay, pilah dan pilih aja mainan yg masih kelihatan bagus dan oke. Kemarin saya dapat boneka hello kitty 10 buah (ukuran besar, sedang dan kecil) masih dlm kondisi bagus dan terlihat baru hanya dgn harga GBP10 atau 200 ribu rupiah, padahal semuanya asli sanrio, kalo harga asalnya bisa kisaran GBP150-200 #ifeellucky πŸ™‚
  10. Jangan lupa persiapkan makanan untuk hari-hari awal kedatangan kita di UK. At least bawa cemilan-cemilan mengenyangkan untuk mengganjal perut seperti biskuit2, coklat, dan roti.
  11. Kalau masih muat membawa buku, sisipkan 1 atau 2 buku untuk bahan bacaan anak selama dalam perjalanan atau sebagai sarana edukatif lainnya saat ia berada di UK

Demikian sharing singkat dari saya, tetiba menulis ini karena kebetulan mendapat request untuk menulis di website PPI London, ini adalah long article-nya. Bagian tips and trick as a student mom akan dibahas setelah ini. Semoga bermanfaat πŸ™‚

London, 15 April 2014

