Wah masya Allah… sudah masuk dalam suasana syawal. Sebelumnya saya ingin mengucapkan “Taqabbalallaahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H”. Mohon maaf “cuti” menulis selama Ramadhan kemarin, padahal ada banyak hal yang ingin dibagi.

Mumpung masih (sekilas-kilas) ingat, saya ingin memberikan gambaran mengenai hari raya Idul Fitri di kota London ini, atau UK pada umumnya. Entah kenapa, selalu terselip syukur atas takdir-Nya yang membuat saya bersekolah di negara Ratu Inggris ini. Saya bersyukur karena atmosfir keterbukaan, toleransi dan penerimaan terhadap muslim begitu terasa disini. Dan itulah alasan mengapa saya akhirnya memutuskan untuk kembali melanjutkan S3 di negara ini dibandingkan ke negara-negara Eropa lainnya, meskipun kesempatan lain sudah terbuka.

Berbicara mengenai hari raya idul fitri, sudah pasti tidak termasuk hari libur di UK. Jika tanggal 1 syawal bertepatan dengan jadwal kuliah atau ujian, maka mahasiswa muslim pun tetap akan berangkat ke kampus. Walaupun banyak kasus, kita dapat meminta izin untuk datang terlambat jika kita hendak ikut menunaikan shalat Sunnah idul fitri. Dan in mostly cases, selalu terbuka untuk mendapat izin dari dosen for religious accepted reason like that.

Istilah Ramadan pun bukanlah istilah asing bagi warga UK. Bahkan saat pengadaan seminar yang bertepatan dengan Ramadan, panitia juga menyiapkan hidangan berbuka bagi mahasiswa muslim. Belum lagi teman satu lab atau ruangan yang mengetahui kita berpuasa, saya pernah mendapati tulisan “Please take this mineral water for those who are fasting”. Jadi istilah puasa dan Ramadan sudah sangat akrab bagi warga dan mahasiswa UK. Ramadan tahun ini berlangsung hampir selama 19 jam di UK. Berbuka puasa pukul 9.30 malam dan kembali sahur pukul 2 malam sudah menjadi rutinitas bagi muslim di London dalam menjalankan puasa.

Sekarang kita coba ngobrol mengenai idul fitri, seperti kebiasaan masyarakat muslim lainnya, tanggal 1 Syawal identik dengan pelaksanaan shalat Iedul Fitri. Bagi saya warga London, ada beberapa opsi yang bisa saya pilih:

  1. Shalat bersama warga Indonesia (lokasinya bisa di KBRI atau rumah Kedubes)
  2. Shalat di masjid lokal di sekitar rumah
  3. Shalat berjama’ah di taman – taman terbuka
Eid prayer at Small Heath Park, Birmingham 2015
Eid prayer at Small Heath Park, Birmingham 2015

Selama 2 x merasakan idul fitri di UK, saya sudah merasakan opsi 1 dan 2, dan sangat tertarik untuk mengikuti opsi ketiga. Sudah menjadi hal yang lumrah bagi warga UK untuk melaksanakan shalat Ied di taman-taman terbuka. Bahkan, tahun 2015 ini, Small Heath Park di Birmingham penuh dipadati ribuan muslim yang ingin melaksanakan shalat ied berjama’ah. Beberapa park di London pun terbuka dan sudah menjadi tradisi sebagai tempat pelaksanaan shalat ied.

Tapi tahun ini, saya melaksanakan shalat iedul fitri berjama’ah bersama warga Indonesia yang lain di Wisma Nusantara. Lebih dari 500 warga Indonesia hadir meramaikan halal bihalal yang diadakan oleh KBRI. Tidak ketinggalan jamuan khas lebaran ala Indonesia seperti ketupat, opor ayam, sambal goreng ati, rendang, sayur labu, kerupuk dan es buah. Alhamdulillaah.. (kebetulan menu di rumah juga sama banget dgn menu halal bihalal ini :D)

Suasana pelaksanaan shalat idul fitri di Wisma Nusantara, London 2015
Suasana pelaksanaan shalat idul fitri di Wisma Nusantara, London 2015
Jamuan makan idul fitri khas nusantara
Jamuan makan idul fitri khas nusantara
eid BPRI
Foto bersama Awardee BPRI chapter UK 🙂

Selain itu, saya juga ingin berbagi kemeriahan yang lain. Saat Eid Festival dilaksanakan di Trafalgar Square pada tanggal 25 Juli 2015 lalu. Eid Festival merupakan sebuah acara tahunan yang diadakan oleh Mayor of London dalam rangka merayakan hari raya iedul fitri bagi warga muslim di London. Masya Allaah… entah kenapa begitu terharu karena merasa bahwa kaum muslim (yg notabene minoritas) masih memiliki tempat di London. Sangat senang saat bisa berkumpul bersama saudara-saudari muslim lainnya dari beragam negara, merasakan kehangatan kebersamaan ukhuwah yang sama.

Acara ini sangat ramai dan dihadiri lebih dari 10,000 pengunjung. Ada life performance, penampilan Islamic art, acara untuk anak-anak, kaligrafi, bazaar makanan halal dari banyak negara (Maroko, Mesir, Indonesia, Malaysia, India, Turki, China, dsb). Kebetulan saya meliput acara ini dan ditayangkan di NET TV pada tanggal 26 Juli 2015. Video liputannya bisa dilihat disini.

Sekian sharing singkat dari saya kali ini, mencoba “aktif”menulis kembali insya Allah ^_^

IMG_1270 edit

15 Seymour Avenue,

00.37 BST

Advertisements