“The world is a book, those who do not travel read only one page” (St. Agustine)

Tulisan ini murni hanya iseng untuk memberikan referensi bagi teman-teman yang sedang atau akan berada di UK mengenai sebuah destinasi wisata yang bisa jadi pilihan saat liburan musim panas. Jadi ceritanya tanggal 12 Agustus lalu saya dan keluarga meniatkan diri untuk jalan-jalan ke sebuah padang lavender di daerah Hetfordshire, yaitu Hitchin Lavender Farm.

Perlu diketahui bahwa saat musim panas, berkisar di pertengahan bulan Juni hingga akhir Agustus, padang-padang lavender sedang aktif-aktifnya berbunga. Menyulap hamparan ladang menjadi violet tua, menambah kehangatan suasana di musim panas yang indah. Ada 2 padang lavender yang bagus di kisaran London yang saya ketahui, yaitu Mayfield Lavender Farm dan Hitchin Lavender Farm. Setelah googling sana sini, memperkirakan jarak tempuh perjalanan dari rumah, harga tiket kereta (ini penting :D) dan pesona kecantikan masing-masing ladang, akhirnya saya putuskan untuk pergi menuju Hitchin Lavender Farm. Websitenya bisa dilihat di http://www.hitchinlavender.com/.

Pemandangan hamparan bunga lavender di Hitchin Lavender Farm
Pemandangan hamparan bunga lavender di Hitchin Lavender Farm

Hitchin lavender farm sudah berdiri sejak 100 tahun lalu dan merupakan usaha keluarga turun temurun. Dengan hamparan ladang seluas 25 miles, Hitchin Lavender Farm terbuka untuk umum sejak pukul 10 pagi hingga 5 sore. Biaya masuknya per orang dewasa adalah GBP 4.5 atau sekitar 90 ribu rupiah. Tapi jangan salah, dengan biaya tsb kita sudah mendapat sebuah goody bag sebesar 20 x 30 cm untuk mengumpulkan bunga lavender sebanyak yang kita suka dan gunting pun sudah disediakan disana. Bagi anak-anak, biayanya adalah GBP 1 atau sekitar 20 ribu rupiah. Tapi kemarin Najwa tidak perlu membayar yang saat itu usianya menjelang 3 tahun.

Harvesting lavender :)
Harvesting lavender 🙂

Menariknya padang lavender ini, kita dapat mengetahui update perkembangan bunga dan keadaan farm setiap hari yang diupdate melalui akun Facebook nya disini. Jadi saya bisa memperkirakan kapan waktu terbaik untuk kesana melihat kecantikan bunga yang disajikan.
Lavender 10

Uniknya padang lavender ini, ternyata bukan hanya bunga lavender saja yang mereka tanam, namun juga hamparan bunga matahari. Jadi saya memang sengaja menunggu sunflower field nya dibuka dan siap untuk dipanen dengan cara memantau posting perkembangan farm di akun FB tsb, sehingga kunjungan saya kesana dapat menikmati keindahan bunga lavender dan bunga matahari. Kebetulan tahun 2015 ini, bunga mataharinya sudah mulai blooming di akhir pekan pertama Agustus, sehingga saya putuskan untuk membeli tiket kereta pada tanggal 12 Agustus.

The beauty of sunflower field :)
The beauty of sunflower field 🙂

Lavender 14

Oke, selanjutnya adalah tips dan trik jika ingin berkunjung ke Hitchin Lavender Farm.

  1. Jika kamu ingin menikmati pemandangan indah bunga lavender dan matahari, pantau terus perkembangan Hitcin Lavender Farm di akun FB nya, dan tunggu saat yang tepat saat sunflower fieldnya sudah blooming, perkiraan adalah sejak pertengahan bulan Agustus
  2. Tentukan tanggal keberangkatan dengan mengecek perkiraan cuaca pada hari itu (sayang kan kalau kesana tapi ternyata hujan)
  3. Cek rute perjalanan dari kota kamu tinggal menuju Hitchin Lavender Farm, saya biasa menggunakan http://www.traveline.info/ untuk memandu perjalanan saya
  4. Station terdekat dari Hitchin Lavender Farm adalah Hitchin Station dan Arlesey Station. Dari Hitchin Station, kita akan diarahkan untuk berjalan menuju Bancroft Nr The Phoenix selama 12 menit, lalu naik bus 71 selama 3 menit dan dilanjutkan dengan berjalan lagi selama 26 menit menuju farm. Sedangkan dari Arlesey Station, kita akan diarahkan untuk berjalan menuju The Old Oak bus stop selama 3 menit, naik bus 72 selama 10 menit, lalu berjalan selama 3 menit menuju farm. Karena saya membawa anak, jadi saya prefer untuk membeli tiket kereta menuju Arlesey station.
  5. Tidak lupa saya mengecek perbandingan harga tiket kereta antara Hicthin dengan Arlesey Station, ternyata tidak ada bedanya dari station Finsbury Park (London). Kereta menuju Hicthin ini depart dari King Cross Station, kebetulan berhenti di Finsbury Park station yang hanya berjarak 1 stasiun dari rumah kami, sehingga kami memilih untuk pergi dari stasiun Finsbury Park.
  6. Perlu diingat bahwa bus 72 ini hanya beroperasi selama 1x dalam 1 jam, jadi harus sangat diperhatikan waktu kedatangan kereta, perjalanan menuju bus stop hingga akhirnya waktu bus akan datang. Dari Old Oak stop menuju farm, bus 72 selalu ada pada menit ke 42, walaupun pada kenyataanya saat saya kesana busnya telat dan sampai di halte sekitar pukul 11.52. Sedangkan dari farm menuju Arlesey station, bus hanya datang pada menit ke 19 setiap jamnya.
  7. Kekurangan dari farm ini adalah, untuk menuju farm dari bus stop, kita harus melewati sebuah belokan di bawah jembatan dimana tidak ada pathway disana, jadi harus extra hati-hati terutama bagi yang membawa stroller. Alhamdulillaah… supir bus yang mengantar saya baik sekali, saya diturunkan tepat di depan farm tanpa harus melewati bawah jembatan tsb. Tapi pas pulang, saya baru merasakan deg-deg an nya berjalan di jalan raya yang tidak ada trotoarnya 😀
  8. Belilah tiket return di bus agar dapat harga lebih murah. Untuk 2 orang dewasa, kami membayar GBP 9.6 kemarin untuk return tiket.
  9. Bawa bekal dan alas piknik karena dijamin nuansa disana sangat nyaman untuk keluarga yang ingin bertamasya 😀
  10. Luangkan waktu selama 3 jam disana untuk memperkirakan waktu kepulangan kereta dari farm menuju kota Anda. Kemarin saya hanya 2 jam dan tidak sempat merasakan piknik dan belum puas memetik bunga lavender.
  11. Usahakan mengunjungi lavender farm ini saat weekdays karena bisa dipastikan akan penuh sekali dengan pengunjung saat weekend
Serasa milik sendiri karena ga ada orang lain di foto ini :D
Serasa milik sendiri karena ga ada orang lain di foto ini 😀

Dan yang terakhir, tidak lupa kami membawa teman setia perjalanan, yaitu TRIPOD yang siap sedia mengabadikan momen-momen berharga disana. Akhirnya saya bisa berfoto keluarga dengan proper mendapatkan background pemandangan yang indah, alhamdulillaah…

Lavender 12

Sekarang saya rekap ya biaya yang dikeluarkan untuk perjalanan menuju Hitchin Lavender Farm untuk 2 adults dan 1 anak berusia 3 tahun.

Tiket PP Finsbury Park – Arlesey Station 2 orang: GBP 16.50

Return ticket bus 2 orang: GBP 9.60

Admission Fee 2 orang: GBP 9

Total: GBP 35.10

Dengan biaya kurang lebih 35 pound kami sudah bisa menikmati pemandangan indah ini. Awalnya memang agak ragu karena memang bukan theme park dan tidak ada taman bermain untuk anak-anak, hanya hamparan ungu bunga lavender dan hamparan kuning ceria bunga matahari. Namun lagi-lagi, kunjungan kami kali ini semakin menambatkan rasa syukur yang mendalam dan bertafakur akan keindahan alam yang telah Allah sajikan. Si kecil pun begitu senang berlari-larian dan tak lupa kami ajarkan kalimat tauhid padanya, agar ia juga belajar akan begitu indahnya kuasa Sang Maha Pencipta.

Lavender 20

“Lavender: tiny purple florets on a slender, elegant stem, soothing valued, herbaceous fragrance, healing properties, and physical beauty…”

16 Agustus 2015

Tottenham, pukul 04.00 AM

Advertisements