Jika kamu ingin melampaui usiamu, maka menulislah…

Mau curcol sedikit tentang menulis. Alhamdulillaah coret-coretan tak berharga saya akhirnya bisa dikumpulkan komplit di dalam buku saku LPDP bagi awardee yang akan berangkat ke UK. Saya memang meniatkan menulis untuk mencoba berbagi manfaat. Maka mulailah saya menulis hal-hal kecil (dan detail) mengenai persiapan keberangkatan ke UK, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sesampainya disini, hingga gambaran kehidupan muslim di Inggris. Ternyata, tulisan-tulisan saya banyak yang membaca dan dikumpulkan ke dalam buku saku LPDP.

Sejujurnya, bertambah luasnya tulisan saya hingga bisa dibaca banyak orang tidak terlepas dari peran suami saya. Bisa dibilang saya ndak terlalu update dengan perkembangan media. Suami saya lah yang membuatkan akun twitter (walaupun saya juga ga pernah aktif di twitter) dan media blog ini. Suami saya lah yang pertama kali memindahkan semua note FB saya ke blog (rajin banged ya), dirapiin satu-satu, dimasukin sesuai tanggal saya membuat note. Dan ternyata setahun berlalu setelah saya mulai menulis di blog, kunjungan di blog saya mencapai 80.000 di tahun 2015 (itu banyak atau sedikit ya). Jadi bisa disimpulkan bahwa suami saya memang yang paling mengetahui potensi istrinya, sehingga ia fasilitasi agar bisa memberi sebanyak-banyak kebaikan kepada semua orang *teori ngasal 😀

Lanjut tentang blogging, saya merasa banyak belajar dan mengenal banyak orang dari blog. Ternyata nge-blog enak juga ya, hehe… Dibandingkan update status di FB, tulisan di blog itu lebih tertata dan mudah untuk dilacak kembali. Ga salah suami saya nekat membuatkan saya blog, padahal saya waktu itu kekeuh bilang ga bisa nge-blog (eh sekarang malah lebih suka nulis disini 😀 ). Dan ga disangka, ternyata banyak yang bilang kalau blog saya sudah sangat membantu. Padahal beneran deh, itu cuma nulis singkat coret-coret (berharap) dapat bermanfaat. Semoga tulisan-tulisan ringan ini bisa menjadi pemberat ama kelak, aamiiiin… 🙂

Alhamdulillaah pokoknya, Allah beri kesempatan untuk dapat berbagi, meskipun hanya berbentuk tulisan. Eh kembali lagi ke buku saku, silahkan bagi siapapun yang berniat akan ke UK, berikut buku saku yang berisi banyak rangkuman tulisan2 saya seputar persiapan keberangkatan dan hidup di UK. Sebenarnya masih ada beberapa hal kecil yang perlu direvisi, tapi overall sudah komplit sebagai buku saku atau petunjuk sebelum berangkat dan saat mendarat. Semoga bermanfaat ya 🙂

Berikut link buku saku yang diterbitkan oleh LPDP:

https://drive.google.com/file/d/0BxZDM8_-wLlBQmtFVDNFUnhIbXc/view?usp=sharing

Scripta manent, verba volant…

(Yang tertulis abadi, yg terucap akan lenyap bersama hembusan angin)

Disclaimer: Buku saku tersebut dirangkum oleh LPDP untuk kepentingan awardee nya dalam rangka persiapan studi ke negara tujuan.

 

London, 27 Februari 2016

Pukul 01.15

 

